sleep paralysis

Suatu hari tahun lalu aku sedang tidur siang di sofa ketika aku mendengar ibuku pulang dari kerja. Aku bangun dan melihat dia berjalan melalui pintu depan, dan aku mencoba untuk menyapa dia. Aku distirubed untuk menemukan bahwa aku tidak bisa bicara, lidahku membeku dalam mulutku. Aku mencoba untuk menggerakkan tubuh untuk mendapatkan perhatiannya, tapi aku tidak bisa melakukan itu. Aku lumpuh. Panik cepat diatur dalam, dan meskipun aku telah bernapas normal sempurna sampai saat itu, tiba-tiba aku merasa seperti paru-paru saya dibatasi. Aku memejamkan mata dan kembali tidur, hanya untuk skenario yang sama terulang beberapa saat kemudian ketika aku pikir aku mendengar dia mondar-mandir di dapur. Aku putus asa untuk mendapatkan perhatiannya sehingga ia bisa membantu saya, tapi sekali lagi aku tidak bisa bergerak, dan aku akan melayang kembali tidur. Setelah sekitar empat putaran ini, adikku pulang dari sekolah dan saat itulah aku bangun - untuk nyata.

Saat itulah aku menyadari bahwa segala sesuatu yang baru saja terjadi tidak pernah nyata. Itu adalah sensasi aneh, tapi aku itu dihubungkan ke sebuah mimpi buruk ... sampai hal itu terjadi lagi seminggu kemudian. Berharap bahwa jika mungkin aku bisa mengerti apa yang terjadi, saya mungkin bisa mengubahnya, saya melakukan pencarian Google untuk "tidak bisa bergerak ketika tidur" dan menemukan konsep tidur kelumpuhan. Kelumpuhan tidur sebenarnya merupakan kondisi yang ditandai Common cukup baik oleh sebagian atau total kelumpuhan otot. Hal ini terjadi ketika bangun dari tidur atau tertidur, meskipun yang terakhir ini sangat kecil kemungkinannya. Episode umumnya berlangsung dari detik ke menit, dan di luar rangsangan seperti sentuhan atau suara yang dapat menghentikannya.

Menurut Wikipedia, tidur lumpuh "itu terkait erat dengan kelumpuhan yang terjadi sebagai bagian alami dari tidur REM, yang dikenal dengan REM atonia. Sleep paralysis terjadi ketika otak REM terbangun dari negara, tetapi tetap kelumpuhan tubuh. Hal ini meninggalkan orang sepenuhnya sadar, tapi tak mampu bergerak. Di samping itu, negara bisa disertai dengan halusinasi mengerikan (hypnopompic atau hypnagogic) dan rasa yang akut bahaya. " Meskipun saya belum pernah mendengar tentang tidur lumpuh, ini jelas apa yang saya alami. Fisiologi yang sama yang terus naik dari memerankan impian kita seperti kita sekarang tidur adalah menjaga tubuhku beku sebagai pikiranku terjaga dan sadar. Kebanyakan orang mengalami gejala panik parah selama satu episode, bahkan ketika mereka tahu bahwa persepsi mereka adalah palsu. Setelah membaca lebih banyak tentang topik ini, saya memutuskan bahwa saya adalah salah satu yang beruntung. Banyak orang juga mengalami kelumpuhan selama tidur halusinasi. Secara khusus, mereka melihat seorang penyihir tua di dalam ruangan, atau merasa penyihir atau setan duduk di dada mereka dan bekerja napas mereka. Walaupun aku halusinasi ibuku pulang dari kerja dan sangat terganggu ketika saya tidak bisa menjangkau dia, aku belum pernah merasakan sensasi dari sesuatu yang jahat mengintai.

Gejala

Tidur kelumpuhan memerlukan satu atau kedua hal berikut:
Kelumpuhan: terjadi setelah bangun atau sebelum jatuh tertidur. Anda tidak dapat memindahkan bagian tubuh manapun, selain dari gerakan tak sadar seperti berkedip dan bernapas. "Ini sama kelumpuhan kelumpuhan yang terjadi ketika bermimpi. Otak melumpuhkan otot untuk mencegah kemungkinan cedera selama mimpi, karena beberapa bagian tubuh dapat bergerak selama bermimpi. Jika orang tersebut bangun tiba-tiba, otak mungkin masih berpikir bahwa itu bermimpi, dan memelihara kelumpuhan. " (Sumber: wikipedia.org)

Halusinasi: Gambar-gambar atau suara yang muncul selama episode. Sensasi bahwa seseorang sedang berdiri di samping Anda atau di suatu tempat dekat dengan dalam ruangan. Suara-suara aneh. Beberapa orang merasa sangat berat pada dada mereka, seolah-olah mereka sedang duduk di atas.



Penyebab

Meskipun ada beberapa teori, yang sebenarnya penyebab kelumpuhan tidur masih belum diketahui. Namun, beberapa faktor telah diidentifikasi yang dapat meningkatkan peluang memiliki sebuah episode:
Tidur di wajah ke atas atau posisi telentang
Jadwal tidur yang tidak teratur; tidur siang, tidur dalam, kurang tidur
Peningkatan stres

Tiba-tiba lingkungan / perubahan gaya hidup
Sebuah mimpi yang jelas segera mendahului episode.


Perawatan

Bagi mereka yang menderita parah dan gigih tidur kelumpuhan, ada obat yang dapat memperbaiki kondisi. Salah satu pilihan adalah mengambil 0.5mg dari Clonazepam pada waktu tidur. Ritalin juga telah digunakan sebagai obat siang hari, gagasan bahwa pembentukan pola tidur yang sehat akan mengurangi tidur contoh kelumpuhan.

Dalam semua penelitian saya, satu-satunya saran saya temukan adalah untuk mencoba dan menggerakkan otot-otot wajah Anda selama satu episode, karena mungkin lebih mudah untuk memindahkan dari lengan atau kaki. Bukan hanya karena memberikan rasa kendali, tetapi mungkin cukup untuk memudahkan Anda dalam terjaga.

Komentar

Postingan Populer